PIALA EURO2024

Keseruan Pentas Acara Euro 2024 DI Jerman

EUFORIA Euro German 2024

JakartaPiala Euro 2024 Sudah dimulai dari tanggal 14 Juni 2024, Tuan rumah dari piala Euro 2024 kini adalah dari negara jerman. Dengan akan berlangsung hingga 14 juli 2024. Piala Euro ini juga sudah berguli sejak tahun 1960. Kejuaraan ini awalnya disebut Piala Negara-Negara Eropa (European Nations’ Cup), tahun 1968 namanya berubah menjadi Piala Eropa (European Cup) dan sejak tahun 1996, kejuaraan ini sering disebut sebagai Euro dengan format penamaan “UEFA Euro.

Diadakan setiap 4 tahun sekali sejak 1960, pada tahun genap antara Piala Dunia FIFA (habis dibagi 4), kecuali untuk tahun 2020, karena saat itu Eropa dan seluruh dunia sedang dilanda pandemi COVID-19 sehingga UEFA harus menundanya selama satu tahun dan baru digelar di tahun 2021, tetapi tetap menggunakan nama “Euro 2020.

Sebelum dapat berlaga di babak final, semua tim selain negara tuan rumah (yang otomatis lolos) bersaing dalam babak kualifikasi. Para pemenang kejuaraan mendapatkan kesempatan untuk bersaing di Kualifikasi Piala Dunia FIFA Zona Eropa yang digelar satu tahun sebelum Piala Dunia dimulai, tetapi tidak diwajibkan untuk melakukannya.

Empat belas gelaran telah dimenangkan oleh 9 tim nasional yang berbeda: Jerman dan Spanyol masing-masing telah memenangkan 3 gelar, Prancis dan Italia memiliki 2 gelar, sementara Uni Soviet, Cekoslovakia, Belanda, Denmark, Yunani dan Portugal telah mengoleksi 1 gelar masing-masing. Sampai saat ini, Spanyol adalah satu-satunya tim dalam sejarah yang memenangi gelar berturut-turut yang dilakukan pada edisi 2008 dan 2012.

Piala Trofi Euro

Trofi Henri Delaunay, yang diberikan kepada pemenang, diberi nama untuk menghormati Henri Delaunay, Sekretaris Jenderal pertama UEFA, yang datang dengan ide dari sebuah kejuaraan Eropa tetapi meninggal 5 tahun sebelum turnamen perdana pada tahun 1960. Anaknya, Pierre, bertanggung jawab untuk menciptakan trofi tersebut. Sejak turnamen pertama itu, telah diberikan kepada tim pemenang bagi mereka untuk disimpan selama 4 tahun, sampai turnamen berikutnya.

Logo sesosok kecil orang yang sedang mengolah bola di bagian belakang yang asli telah dihilangkan beserta alas marmer. Sedangkan basis perak diperbesar untuk membuatnya stabil. Nama-nama negara pemenang yang muncul di alas kini telah dipindah dan terukir rapi di bagian belakang piala.

Pemaian Dengan Paling Banyak Bermain Di Euro

* Pemain tersebut masuk dalam Skuad turnamen, tapi tidak bermain pada edisi tersebut. ** Diurutkan berdasarkan huruf awal abjad negara dan nama pemain. Jika sama, dibedakan berdasarkan edisi tahun turnamen tersebut. Berhasil juara dan pemain yang masih aktif.

Tim peserta

Dari 24 tim peserta yang lolos ke turnamen edisi ini, 19 diantaranya lolos pada edisi sebelumnya. Tim yang lolos tersebut termasuk juara bertahan Italia dan juara kedua Inggris, serta juara kedua Piala Dunia 2022 Prancis dan perebut medali perunggu Kroasia. Portugal menjadi satu-satunya tim yang menyapu bersih seluruh kemenangan di babak kualifikasi, sementara Prancis, Inggris, Belgia, Hungaria, dan Rumania juga lolos tanpa mengalami kekalahan.[56]

Albania dan Rumania kembali berpartisipasi setelah tidak lolos pada 2020, sehingga ini menjadi turnamen besar kedua yang Rumania ikuti. Serbia dan Slovenia kembali berpartisipasi untuk pertama kali sejak edisi 2000. Serbia lolos untuk pertama kali sejak Serbia dan Montenegro menjadi negara terpisah, sedangkan Slovenia lolos ke turnamen besar keempat sebagai negara merdeka.Georgia mengalahkan Yunani dalam adu penalti di babak play-off untuk lolos ke turnamen pertama sejak memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1991 dan juga menjadi satu-satunya tim debutan dalam edisi ini sekaligus mempertahankan adanya tim debutan di setiap putaran final sejak edisi perdana pada 1960.]

Beberapa tim terkemuka yang absen, antara lain: Swedia, Rusia, dan Wales. Swedia gagal mencapai putaran final untuk pertama kali sejak 1996 dan juga gagal lolos ke turnamen besar kedua berturut-turut, setelah gagal ke Piala Dunia 2022. Rusia, yang selalu lolos ke putaran final sejak edisi 2000, dilarang mengikuti babak kualifikasi pasca invasi negara tersebut ke Ukraina, sehingga menjadi tim nasional pertama yang dilarang tampil di kompetisi ini sejak RF Yugoslavia pada 1992. Wales, yang lolos ke babak gugur pada dua edisi sebelumnya, salah satunya ke babak semifinal pada 2016, kalah dalam adu penalti dari Polandia di babak play-off. Setelah menjalani debut pada edisi sebelumnya, Makedonia Utara dan Finlandia gagal lolos ke putaran final turnamen edisi ini.